RSS

Asma dan Penyakit Jantung

03 May

PENYAKIT asma yang tidak biasanya cenderung berkembang menjadi penyakit jantung, kata temuan sebuah penelitian yang memberikan petunjuk baru tentang bahaya baru radang bagian dalam.
Riset yang lain menemukan hubungan antara asma dengan masalah jantung, tapi studi ini belum jelas hubungannya dengan akibat rokok, yang selama ini diketahui memberikan kontribusi pada penyakit asma dan penyakit kardiovaskuler.
Dalam studi baru itu, para dokter dari pusat kesehatan Kaiser Permanente merencanakan untuk menemukan bahwa orang yang tidak merokok pun menghadapi peningkatan risiko penyakit jantung. Data tentang itu menunjukkan sekurang-kurangnya sepertiga lebih tinggi dripada risiko pada orang bukan penderita asma.
Penyebab kemungkinan ini belum jelas. Para peneliti berspekulasi radang paru asmatik kronik kemungkinan menghadapi kerusakan arteri lebih besar. Bagaimanapun, mereka mengatakan ini juga bisa terjadi karena obat-obatan yang digunakan untuk penyembuhan asma disertai efek pada jantung.
“Ini baru awal penelitian,” kata Dr Carlos Iribarren, pimpinan penelitian ini. “Penemuan ini membangkitkan keinginan kami untuk mengetahuinya,” tambahnya.
Iribarren menyajikan temuan mereka Jumat lalu dalam sebuah pertemuan Perkumpulan Jantung Amerika di San Antonio.
Penelitian ini diperoleh setelah menyebarkan kuestioner pada 22.036 orang pasien Kaiser bukan perokok antara tahun 1979 dan 1985 yang ditindaklanjuti pemeriksaan kesehatan mereka sampai 1998. Di antara mereka 1.062 laki-laki dan wanita yang mengatakan mereka beberapa kali didiagnosis menderita asma dalam hidup mereka.
Mereka yang menderita asma sebanyak 32% lebih dibandingkan mereka yang tanpa menjalani perawatan akibat penyakit jantung atau meninggal akibat penyakit itu pada masa menjalani perawatan.
Orang yang menjalani perawatan asma pada awal penelitian memiliki risiko lebih tinggi. Duabelas persen dari mereka berkembang menjadi penyakit jantung pada akhir penelitian, dibanding 7% pada mereka yang tidak menderita asma –peningkatan risiko ini lebih dari 70%.
Sekitar 6% warga Amerika diperkirakan menderita asma. Angka penderita di negara berkembang seperti Indonesia diperkirakan lebih tinggi lagi akibat berbagai penyebab.
Iribarren mengatakan, para penderita itu semestinya memperhatikan secara khusus makanan untuk kesehatan, menjaga berat badan agar tidak berlebihan dan memperhatikan tekanan darah dan tingkat kolesterol.
“Rekomendasi secara universal untuk mencegah penyakit jantung diterapkan kepada mereka, karena mereka menghadapi kemungkinan peningkatan risiko,” ujarnya.
Beberapa pakar yakin radang kronis bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Sebagian besar perhatian pada penelitian ini dipusatkan pada bakteri penyebab penyakit itu, seperti penyakit gusi bagian dalam atau infeksi sinus.
Jurnal Circulation yang terbit pada awal minggu ini menulis, para dokter di Eropa melaporkan bahwa penderita suatu macam infeksi bakterial kronis menghadapi risiko tiga kali kerusakan pembuluh darah arteri.
Radang pada asma juga terjadi akibat reaksi alergi. Iribarren dalam penelitiannya juga menampilkan kemungkinan itu yang juga bisa berkibat buruk pada jantung, yang dimungkinan oleh radang arteri akibat bahan kimia dan sel putih yang bersirkulasi di dalam tubuh.
“Studi terakhir ini menjadi salah satu dari teka-teki tentang bagaimana radang influenza bisa berkembang menjadi penyakit jantung,” kata Dr. Sidney C. Smith Jr., direktur penelitian pada asosiasi jantung. “Tampaknya ia memainkan peranan penting di sini.”
Penelitian lain yang dilaporkan dalam pertemuan itu di antaranya dari Pusat Kesehatan Beth Israel Deaconess di Boston yang menemukan merokok kemungkinan memicu serangan jantung akibat penggumpalan darah. Serangan jantung terjadi ketika darah menuju ke jantung mengalami penggumpalan.
Para peneliti menemukan bahwa korban yang baru saja merokok mengalami penggumpalan darah lebih besar dibandingkan perokok yang tidak merokok selama enam jam.

 
1 Comment

Posted by on May 3, 2011 in Uncategorized

 

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: