RSS

AS Tahu Keberadaan Osama dari Wikileaks?

07 May

Jakarta – Sebelum melancarkan serangan ke tempat persembunyian Osama bin Laden, Amerika Serikat (AS) kabarnya telah menemukan petunjuk keberadaan buronan tragedi World Trade Cenre itu sejak 2008. Petunjuk tersebut didapatkan dari situs whistle blower Wikileaks.

Sebuah dokumen tahun 2008 yang dirilis Wikileaks mengungkap keberadaan jaringan kurir di penjara Guantanamo. Dokumen ini juga memuat catatan hasil interogasi terhadap seorang kurir kepercayaan Osama bernama Abu al-Libi.

Menurut dokumen tersebut, Libi yang pada 2003 melarikan diri ke Peshawar, Pakistan, diminta bekerja sebagai kurir Osama. Sebagai orang yang paling dicari, Osama sangat berhati-hati agar keberadaannya agar tidak mudah diketahui.

Kediamannya dibuat sangat tertutup dan menyulitkan orang untuk melongok ke dalamnya. Di dalamnya juga tidak terdapat koneksi internet. Kemungkinan besar, ini alasan Osama mempekerjakan kurir pengantar pesan untuk berkomunikasi dengan orang-orang dalam jaringannya.

Dilansir Guardian dan dikutip detikINET, Kamis (5/5/2011), Libi ditangkap di Pakistan pada 2005. AS menyebutkan, pihaknya melalui CIA berupaya melacak keberadaan Osama dengan menelusuri jaringan kurir. Dari sinilah akhirnya ditemukan rumah Osama di Abbottabad, Pakistan.

Kurir kepercayaan Osama lainnya, konon ikut tewas bersama sang majikan saat serangan dilancarkan AS, akhir pekan lalu. Namun pemerintah AS hingga kini tidak menyebutkan nama kurir yang tewas tersebut.

 
Leave a comment

Posted by on May 7, 2011 in Uncategorized

 

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: